Kenapa impian yang kamu perjuangkan begitu penting bagimu?

 Kenapa impian yang kamu perjuangkan begitu penting  bagimu?
Manusia diciptakan bukanlah tanpa alasan . Ia diciptakan karna memiliki tujuan. Dan setiap manusia itu mempunyai keunikan dalam menjalani proses tujuannya itu. Maka kenalilah diri anda , siapa anda , apa tujuan anda, apa keinginan anda, dan bagaimana anda memperjuangkan semua tujuan dan mimpi-mimpi anda.  Pertama kali yang anda harus lakukan adalah tulis mimpi itu diatas sebuah kertas. Buatlah target ke depan , dibuat menjadi tiga kategori . Jangka pendek, jangka sedang, dan jangka panjang. Jangka pendek dibagi menjadi , target atau goal harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Jangka sedang meliputi  tiga tahun ke depan , lima tahun ke depan, atau tujuh tahun kedepan . dan jangka panjang meliputi sepuluh tahun kedepan , dua puluh tahun kedepan, tiga puluh tahun kedepan sampai dipenghujung kekuatan. Kenapa menulis impian atau goal itu penting , menurut penelitian dan riset bahwa sesuatu impian yang  direnungkan lalu ditulis maka kekuatan yang berasal dari mind atau pemikiran seseorang akan berpindah ke muscle atau otot seseorang yang artinya pemindahan kekuatan itu sangat mempengaruhi wujud implementasi sebuah resolusi yang diinginkan seseorang . ada pepatah mengatakan “ if you fail to plan it’s mean you are planning to fail”
Ada sebuah rumus membuat  “Plan of life” yang ramah otak yaitu SMART. S: Specific ; terinci dengan jelas, misalnya anda ingin menjadi  seseorang yang bermanfaat maka tulislah dengan cara apakah anda ingin bermanfaat bagi orang lain ,menjadi guru atau dokter dll. M: Measurable; yang terukur dengan pasti dengan kadar bagaimana tujuan yang anda inginkan, misalnya anda ingin menjadi ibu yang baik beberapa tahun kedepan maka tulislah ibu yang baik bagaimana menurut anda . apakah terwujud jika anak-anaknya mempunyai akhlak Qur’ani , berdedikasi dan beredukasi tinggi atau  menjadi ulama masyarakat  , A: Achievable ; bisa dicapai, dengan mengukur kadar potensi diri sendiri. Misalnya seseorang ingin menjadi penghafal Al-Qur’an dengan tempo satu tahun maka hitunglah tangguhan hafalan itu perharinya berapa, lalu pikirkan apakah itu memberatkanmu atau tidak. R: Realistic ; realistis dengan keadaan manusia memimpikan sesuatu yang diannggap dan dipertimbangkan untuk dikerjakan , jangan sampai mempunyai mimpi yang tidak masuk akal dalam pikiran manusia seperti ingin terbang tanpa menggunakan apapun. T: Timetable ; yaitu keharusnya adanya waktu pencapaian karna segala sesuatu yang tak ada batas waktu pencapaian maka hal itu terasa melenakannya dan susah untuk dicapai.
Setelah membuat “Plan of life” seperti diatas maka rumus kedua adalah  rumus pencapaian:  Be X  Do = Have , yaitu dengan impian yang sudah kamu tulis dengan perincian dan target yang jelas maka kalikan dengan apa yang seharusnya kamu lakukan untuk mencapai pencapaian tersebut atau biasa disebut action dan hasilnya adalah Have atau pencapaian itu sendiri yang akan memiliki yang diinginkan misalnya; ilmu, uang, dakwah, hubungan dll.
Ada dua kalimat tentang asal dari keinginan itu sendiri yaitu minat dan bakat. Adapun hal yang membedakan dari dua kalimat itu adalah jika minat itu sebatas keinginan yang terbesit dalam hati dan bakat itu keinginan yang kuat yang tak tergoyahkan meski di waktu yang sulit.  Inti terkahir dalam pencapaian adalah motivasi yang besar, mencakup sebuah pertanyan mendalam “kenapa impian itu begitu penting  bagi dirimu”. Jika engkau ingin menjadi ibu yang baik lalu ditanyakan atas dirimu “kenapa menjadi ibu yang baik itu penting bagimu?”. Misalnya dia akan menjawab “ agar bisa mencetak generasi-generasi yang baik”. Lalu dibalikkan jawaban itu menjadi pertanya kedua untukmu “ kenapa mencetak generasi-generasi terbaik itu penting bagimu”. Jika semisal ia menjawab “karna umat akan baik terbangun dari generasi yang terbaik”. Lalu tanyalah berulang atas jawaban itu “ kenapa menjadikan umat yang baik itu menjadi sesuatu yang penting dalam hidupmu”. Jika anda berhasil menemui titik puncak dari pertanyaan itu. Maka motivasi terbesar berada pada titik terakhir pertanyaan itu. Begitu pula jika anda ingin menjadi seorang penulis. “kenapa menulis itu begitu penting bagi diri anda?” .Tanyalah berulang-ulang  pada diri anda dan temukan titik puncak jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu. Jika anda tidak menemukannya maka temukanlah dulu , jika anda menemukannya  maka itulah motivasi terbesar  anda dalam menggapai impian itu.  Memilah-milah yang terpenting yang anda cari. Itulah diri anda. Dan anda akan memahami siapa diri anda. “ ketahuliah dirimu sendiri karna ia yang mengetahui dirinya sendiri akan mengetahui penghambaann terhadap Tuhannya”.
Avnie suhayla

Komentar

Postingan Populer