Dicari Sosok Pemimpin dengan Segudang Prestasi


Dicari Sosok Pemimpin dengan Segudang Prestasi



Prestasi adalah sebuah kebanggan. Terlebih kebanggaan seseorang kepada orang lain terhadap usaha yang telah  dilakukan. Kadang ia dinilai sebagai hasil akhir sebuah perjuangan namun sebenarnya ia adalah sebuah langkah nyata yang teguh, kesunghuhan yang kukuh, dan segudang motivasi tanpa peluh. Melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya dengan niat yang baik. ikhlas  karena Allah merupakan nilai plus yang mengundang kecintaan-Nya. إن الله يحب إذا عمل أحدكم عملا أن يتقنه  "Sesungguhnya Allah menyukai seseorang yang melakuakan pekerjaan dengan baik/profesional" . Begitulah Ilmu yang meninggikan derajat manusia di hadapan Tuhan-Nya dan juga hamba-Nya. 


Pak Anies Baswedan merupakan anak dari  Rasyid Baswedan (Mantan Rektor Universitas Islam)   dan Aliyah (Guru Besar Universitas Negri Yogyakarta ) dididik dalam lingkungan yang mencintai pendidikan. Membuat Pak anies mempunyai motivasi yang tinggi untuk berprestasi dan memajukan pendidikan di Indonesia. Keinginannya yang kuat membuat ia terus mengoptimalkan kecerdasannya terbukti pada tahun 1987 ia terpilih menjadi peserta AFS dalam pertukaran pelajar siswa Indonesia Amerika. Banyak Beasiswa juga ia terima  seperti Beasiswa di Jepang tahun 1993 dalam program musim panas di Sopia University Jepang. Juga Beasiswa Master di bidang International Security and Economic Policy di University of Maryland, College Park. Dan bahkan di tahun 1998  ia mendapat penghargaan dalam ASEAN Student Awards. Tak berhenti dengan prestasinya Beliau melanjutkan  program Doktornya juga dengan beasiswa. Pada tahun 1999 ia pun mendapat Beasiswa program Doktor dari Northern Illinois University. Dan ia pun meraih Gerald S. Maryanov Fellow. Kembali ke Indonesia dengan segudang ilmu juga prestasi maka pada tahun 2007 tercatat bahwa Pak Anies menjabat sebagai Rektor dan merupakan Rektor termuda di Inonesia yang berusia 38 di Universitas Paramadina. 


Pak Anies tercatat sebagai 100 Intelektual Dunia fersi Majalah Foreign Policy. Termasuk World's 20 Future Figure dari Majalah Forest. Maksudnya adalah yang diprediksi menjadi 20 orang yang akan mengubah dunia dalam 20 tahun yang akan datang. Dan tercatat pula sebagai 500 orang di seluruh dunia sebagai muslim yang berpengaruh oleh Royal Islamic Strategic Center Yordania. Ini merupakan penilaian yang membanggakan bagi orang Indonesia.  


Tak cukup menyimpan ilmu yang banyak, ia banyak pula memberikan sumbangsih pada masyarakat. melalu gerakan Indonesia mengajar pada tahun 2010 yang ditujukan untuk mengisi kekurangan guru berkualitas dan menjadi wahana kepemimpinan bagi para pemuda terbaik. Menyebarkan pengetahuan dengan mengirim banyak buku untuk perpustakaan di daerah-daerah, yang dikenal dengan gerakan Indonesia Menyala.  Mengharap Indoesia menyala dengan Ilmu Pengetahuan.


Giat mencari juga giat membagi. Adanya Ilmu tak untuk disembunyikan. Mungkin itu dasar Pak Anies selalu ingin mencerdaskan anak bangsa yang akan membanggakan Negaranya kelak. Karna kota yang berperadaban bukan hanya dengan bangunan-bangunan nan kokoh di kota metropolitan namun juga di iringi dengan nilai akhlak dan kecerdasan pengetahuan. Pak Anies memiliki impian yang agung untuk Negri ini. Ia adalah sosok pemimpin yang dicari dan dibutuhkan untuk membenahi nilai yang tlah hilang di Jakarta. Tentu semata-mata bukan hanya karena segudang preatasinya ataupun beliau seseorang yang tanpa cela pasti manusia memiliki cela. Namun juga kita yakin ia bisa mewujudkan Jakarta yang "Maju Kotanya Bahagia Warganya". 



avnie suhayla

Komentar

Postingan Populer