Bersama Membangun Jakarta dengan Nilai Sejarah


Bersama Membangun  Jakarta dengan Nilai Sejarah



Menjadi bangsa yang besar haruslah mengenal sejarahnya. Hingga tak  terjadi krisis identitas. Jakarta merupakan kota yang yang penuh dengan sejarah bangsa,  mulai dari perjuangan pribumi melawan Belanda yang merebut Sunda Kelapa kembali, proklamasi kemerdekaan sumpah pemuda hingga G 30S PKI di Lubang Buaya sebuah memori yang harus tetap dikenang. Jakarta tlah melewati fenomena sejarah yang mengakar. Menara Syahbandar, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pulau  Onrust, Kelenteng Petak Sembilan seharusnya mendapat perhatian dari pemprov DKI. 

Sejarah akan mengajarkan banyak hal. Terlebih motivasi untuk membangun kota dan bangsa seperti halnya para pejuangan masa lalu. Ia tak boleh terbenam. Maka pusat Sejarah tak bisa hanya menuju padamonas, ragunan dan kota tua. Dosen saya, yang menjalankan program masternya  di Turki menjelaskan bahwa mereka menjadi bangsa yang besar karena mereka sangat mencintai dan membanggakan sejarah mereka. setiap hari banyak yang ngantri untuk masuk museum. Museum di buat semanarik mungkin agar warganya mau peduli dengan sejarahnya. Lalu mengapa tidak dengan Indonesia?. Mengapa tidak dengan Jakarta?.

Mas Anies dan Bang  Sandi mempunyai program tentang ini yaitu Menghidupkan kembali titik-titik sejarah di Jakarta. Dengan membentuk konsorium untuk kawasan sejarah, mempermudah akses transportasi ke sana dan mengajak masyarakat terlibat dalam perbaikan tempat sejarah. Program Revitalisasi Museum juga merupakan langkah jitu dalam edukasi masyarakat. Dengan membuat aplikasi yang akan memberitahukan kegiatan-kegiatan yang ada dimuseum sebagai alternatif hiburan, juga membuka akses museum untuk kegitan edukatif. Membuka kesempatan kerjasama  kepada swasta untuk membuat restoran atau sejenisnya di sekitar museum menjadi tempat yang menarik bagi masyarakat. Mengajak setiap orang  untuk menjadi donatur di museum-museum dengan berbagai keuntungan yang di dapat, seperti dapat menggunakan aula museum untuk kepentingan rapat dan keperluan. Memberikan akses gratis bagi KJP dan Kartu Jakarta Bersama, termasuk di dalamnya lansia. Membuat infrastruktur ramah bagi penyandang disabilitas, dan menyediakan bus-bus gratis dari tempat-tempat gratis di pusat pemuukiman penduduk Jakarta untuk menuju museum-museum. 

Mas Anies dan Bang Sandi mempunyai program mencerdaskan bangsa melalui sejarah. Tempat-tempat sejarah  harus kita lestarikan. Mari kita dukung program bersama demi mewujudkan Jakarta yang maju kotanya bahagia warganya. Mari sama-sama membangun Jakarta dengan nilai-nilai yang luar biasa. #salambersama

Komentar

Postingan Populer