Konsesi nicea: ketika Konstantine mengangkat Tuhan




Konsesi Nicea : ketika Constantine mengangkat TUhan

“Maha suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari masjidil Haram ke masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesunguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat ”.  Tempat tersuci yang menjadi keinginan terbesar umat muslim  untuk mengunjunginya, yaitu masjidil haram, masjidi Nabawi dan Masjidil Aqsa. Dan memaksa dirinya agar terpilih mengunjungi tempat bersejarah itu.

Quds sebuah tempat suci dimana 18 Nabi dan Rasul tinggal di sana, tempat bersejarah yang tak pernah terlupakan dalam benak manusia. Dalam perjalanan yang tidak sebentar mengingatkan manusia  untuk selalu merendah pada Tuhannya, mentaati perintahnya dan menjauhi larangannya. Namun begitulah Bani Israil yang tak berhenti membangkang pada Nabi dan Rasul yang di utus untuk mereka. sebab dengki dan hasad lah yang membuat 10 saudara yusuf membuangnya dalam sumur. Agar Ya’qubl/Israil berhenti untuk mengelu-elukan anak piatu itu. Meski pada akhirnya mereka bertaubat dan mengakui kesalahannya. Juga bagaimana kisah Bani Israiil yang kembali menyembah patung sapi setelah Allah menyelamatkan mereka dari kejaran Fir’aun, sungguh dasyatnya murka Musa as ketika melihat pembangkangan mereka hingga tak sadar membuang suhuf dan menarik jenggot Harun saudaranya. 

Lalu bagaimana kesombongan Bani Israiil ketika telah Allah mengutus Thalut/Saul sebagai pemimpin mereka namun mereka membangkang. Ketika Allah menjawab Do’a mereka yang menginginkan seorang pemimpin namun ternyata bukan dari kalangan mereka yang kaya. Dengan sombongannya mereka berkata “Bagaimana Thalut memperoleh kerajaan atas kami, sedangkan kami lebih berhak atas  kerajaan itu darinya dan dia tidak diberi kekayaan yang banyak”. Pikiran yang sangat sempit, membataskan harta sebagai kelayakan menjadi pemimpin. Dalam ayat selanjutnya Seorang Nabi (Nabi Daniel ) menjelaskan “ Allah telah memilihnya (menjadi raja) kamu dan memberikan kelebihan ilmu dan fisik”. Dalam ayat ini kita mempelajari sesuatu bahwa syarat menjadi pemimpin adalah  yang kuat fisiknya dan faqih ilmunyna dalam pemertintahan dan juga dalam syariah Islam. 

Setelah lama terkengkang dan terikat dalam kekuasan Nabi Daud dan juga kekuasaan luar biasa Nabi Sulaiman terjadilah vacum kepemimpinan. Hingga Bani Israil yang terkenal bersifat pembangkang ini memusuhi siapapun yang mengaku menjadi Islam. Menconkel mata setiap orang yang mengaku Muslim. Menyalib muslim yang terlihat sholat ,termasuk para Nabi Zakaria yang digergaji tubuhnya dikarenakan membela kebenaran. 

Di saat itulah Allah memberi keistemewaan pada seorang wanita yang disucikan yaitu Maryam, yang dari rahimnya lah dilahirkan  Nabi Isa . “Dan diceritakanlah ( Muhammad ) kisah Maryam di dalam kitab Al-Qur’an yaitu ketika dia mengasingkan diri dari keluarganya ke suatu tempat  di sebuah timur (baitul Maqdis) {16} . Lalu dia memasang tabir yang melindunginya dari mereka; lalu Kami mengutus Ruh Kami pada (Jibril) kepadanya, maka  dia menampakkan diri dihadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna {17}. Dia Maryam berkata; “ Sungguh aku berlindung kepada Tuhan Yang Maha Pengasih terhadapmu, jika engkau orang yang bertaqwa” {18} Dia ( Jibril ) berkata Sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu, untuk menyampaikan anugerah padamu seorang anak laki-laki yang suci” {19}. Dia Maryam berkata bagaimana mungkin aku menpunyai anak laki-laki padahal tidak pernah ada laki-laki yang menyentuhku dan aku bukanlah seorang pezina {20}. Dia (jibril) berkata; “ Demikianlah” Tuhanmu berfirman.”Hal itu mudah bagi-Ku dan agar Kami menjadikan suatu tanda kebesaran Allah bagi manusia dan sebagai rahmat dari kami; dan itu adalah sebuah urusan yang sudah diputuskan” {21}. Maka dia Maryam mengandung, lalu dia mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh {22}. Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam ) berkata; “ Wahai betapa baiknya aku mati sebelum ini, aku menjadi seseorang yang tak pernah diperhatikan dan dilupakan” {23}.  Maka dia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah “ Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu tlah menjadikan anak sungai di bawahmu {24}. Dan Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu  {Q.S Maryam}.

Dari ayat inilah Allah menceritakan bagaimana seorang wanita melahirkan tanpa seorang Ayah. Malu dan takut kaumnya mencacinya dan menuduhnya pezina , dalam keadaan mengandung ia pun mengasingkan diri. Dalam ayat ini setelah diteliti mengenai dimana tempat Maryam mengasingkan diri, ditemukanlah sebuah tempat yang bernama Jerici di sebelah timur Baitul Maqdis itulah tempat terjauh yang masih dalam kawasan belum masuk wilayah lain. Jerico merupak tempat penghasil kurma yang banyak. Dan ini menunjukkan bahwa Maryam/ Bunda Maria melahirkan di musim Panas bukan musim dingin. Di bawah pohon kurma bukan di musim Salju dan di kandang domba. Dan dalam ayat selanjutnya menjelaskan bahwa dakwah Nabi Isa adalah Sholat dan menunaikan zakat ( Maryam; 31). 

Dalam Dakwah Nabi Isa as dengan tegas menyerukan kepada yang ma’ruf dan mengajak menjauh pada kemungkaran. Dalam suatu pesta yang besar penuh dengan syahwat dan berlebih-lebihan, ketika semua orang mabuk-mabukkan dan banyak wanita tanpa busana memperlihatkan tubuhnya. Nabi Isa marah akan hal itu, membalikkan meja dan menghentikan pesta itu. Yudas  yang  dahulunya pernah menjadi muridnya dendam padanya. Dan berniat untuk menfitnahnya dan membunuhnya, hingga Allah mengangkat Nabi Isa dan menyerupai wajahnya dengan wajah Yudas. Badannya di Salib, sebagai bukti akan kekuasaan Allah. 

Hingga pada saat itulah terkenal dengan peristiwa penyaliban Yesus ( Diangkatnya Nabi Isa as ) tahun 3o M. Lalu Agama Kristen lahir  pada tahun 325 M Raja Konstantinus yang menguasa pada saat itu mengadakan konferensi atau rapat besar ( Konsesi Nicea ) yang di dalamnya  disepakati mengangkat Yesus sebagai Tuhan. pada Tahun 326 Ratu Helena Ibunda Konstantine megunjungi Jarussalem dan membangun Gereja Makam Kristus disana. 

Dalam surat Al-Maidah terdapat bantahan Isa ketika diatanya oleh Allah tentang pengangkatannya menjadi Tuhan. Dan ingatlah ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikan aku dan ibuku sebagai dua Tuhan selain Allah?”. (Isa) menjawab “Maha Suci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada dalam diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh Engkaulah Yang Maha mengetahui segala yang gaib.” {116}.

Lalu apa motivasi Konstantine membuat agama baru dan mengangkat Isa sebagai Tuhan?. Ust. Haikal Hassan seorang Guru sejarah menjelaskan bahwa adanya paham baru yang nantinya bisa mengalahkan eksistensi Yahudi pada saat itu. dan sampai saat ini Nasrani tetap ada meski terbagi menjadi Katholik dan Protestan. Perebutan Quds tak henti sampai zaman itu. hingga saat ini perebuatan tanahnya terus berlangsung. Setiap agama mengakui bahwa itu adalah warisan nenek moyangnya. Karena kita ketahui sejarah mengatakan Jarussalem penuh dengan sejarah, namun yang kita jarang ketahui adalah sumber sejarah manusia adalah Islam. King Solomon adalah Islam, King David adalah Islam, Isa  juga Islam. Ya’qub, Ishaq, Ibrahim adalah beragama Islam. Islam bukan ada saat Nabi Muhammad alhir, namun ia dimunculkan kembali dan merupakan inti dakwah dari setiap Nabi dan Rasul yang diutus ke bumi. WaAllahu a’lam.

Resume SSPI pertemuan kedua

#SSPIInter # Omahperadaban 

Avnie suhayla




Komentar

Postingan Populer