Semulia malaikat atau sehina hewan




Bahaya terbesar adalah ketika kita tak mengerti adanya bahaya. Cobaan terbesar adalah ketika kita tak menyadari adanya ujian. Dan masalah terbesar adalah ketika kita tak mengerti adanya masalah. Ketika seseorang berjalanan lalu ada seseorang yang memeberikan info bahwa di jalan sana akan ada bahaya besar pasti kita akan selalu berhati-hati. Akan tetap berjalanan tapi dengan kewaspadaan. Seperti halnya ketika adanya pemberitahuan bahwa ujian kampus akan berlangsung pasti seluruh mahasiswa yang menginginkan kesuksesan akan senantiasa bersiap-siap untuk menhadapi ujian itu.
Kadang  kita tak mengehiraukan adanya bahaya itu, atau bahkan berjalanan bersama lalu bergandengan dengan bahaya itu. Ketika ruh ditiupkan  pada sebuah janin.  Lalu ia keluar dari tempat yang kokoh persemayamannya. Dibuai denngan kasih sayang orang tuanya ,  sehingga tumbuh dengan baik dan berkembang .  saatia mulai berfikir dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk seharusnya dia tau akan bahaya besar yang selalu mengintainya. Yang menjadikannya menjadi manusia Semulia Malaikat atau Sehina hewan.
عن أنس ابن مالك , قال النبى : للمؤمن خمس شدائد : شيطان يضله, كافر يحاربه, منافق يبغضه, نفس تنازعه, و مؤمن يحسده
Dari anas bin malik ,Rasulullah bersabda:
bagi seorang mukmin ada lima kesukaran, yaitu syeithan yang menyesatkannya, orang kafir yang memeranginya, orang munafiq yang  membencinya, hawa nafsu yang mengunggulinya, dan seorang mukmin yang hasad padanya.  
Lima perkara yang luar biasa yang selalu membayangi dan menghantui manuisa. Manusia yang berbeda dari malaikat karna nafsunya, manusia yang berbeda dengan hewan karna akalnya. Maka manusia adalah ciptaan sempurna milikNya. Yang mulanya sebuah cairan mani yang hina , namun ketika Allah tiupkan ruh dalam segumpal daging  maka sungguh semua elemen nya, bahkan partikel terkecilpiun mempunyai jaringan yang sangat luar biasa. Dari Hadits Rasulullah diatas menjelaskan siapa sebenarnya musuh kita  seorang muslim, siapa yang harus kita hindari dan siapa yang harus kita waspada karenanya. Setelah iblis diturunkan oleh Allah ke bumi ia tlah bersumpah pada Rabbnya sampai detik-detik hidupnya takkan lelah dan jera ia menggoda manusia dari segala sisi, kanan , kiri, depan , belakang kecuali dari atas karena dari situlah turun rahmat Allah . syeitan tak perlu libur , tak pernah pula lengah membisiki di telinga kita dengan kejahatan. Demikian pula munafiq , orang kafir . sampai kapanpun mereka takkan pernah rela sebelum umat muslim mengikuti agama mereka. Entah dari pemikiran, makanan, pakaian, film, atau yang lainnya .  demikian pula hawa nafsu, ujian yang sangat besar untuk manusia.
Ketika kita belajar tentang sebuah bahaya, bukan berari kita belajar untuk mencicipi bahaya itu tapi untuk terhindar dan berhati-hati dengan bahaya itu. Dialah yang lebih mulia dari malaikat jiwanya terhindar dari lima bahaya tersebut dari berusaha menjauhkannya dari dirinya. Dan dialah  yang lebih hina dari hewan bahkan lebih sesat ketika bersenang-senang dengan bahaya itu dan menikmatinya. Maka pilihannya ada dua berusaha menjadi mulia atau terbiasa menjadi yang terhina.
Avnie suhayla

Komentar

Postingan Populer