Dan Nyata Disini Indah



Dan Nyata Disini Indah


Karangresik Tasikmalaya 


Suasana Pesantren yang asri akan mendukung seseorang untuk terbebas dari hiruk pikuk kota yang ramai. Ibnu Siena punya feelnya. Suasana yang hijau, sungai yang deras mengalir, empang  dengan ikan-ikan yang banyak, tenang dan damai. Meski kadang yang ramai penghuninya ala-ala santri. Tapi bener,.... beberapa hari disini murajaah hafalan jadi mudah. Mungkin karna memang belum ada agenda besar yang super sibuk, jadi bisa menikmati hawa dingin dan keadaan yang tenang sambil menghafal di gubuk kecil pinggir empang sebelah sungai. Subhanallah........

Hewan-hewan itu mendengar dan merasakan indahnya lantunan Al-Qur’an. Saya rasa begitu, karna setiap saya membaca, serasa ikan-ikan itu mendekat kadang seperti mengajak bermain, lompat atau mengejutkan. Tiba-tiba datang kupu-kupu, dan capung yang sudah jarang banget saya lihat di Jakarta. Unyuk banget deh.

Kuliner. Apa makanan khas Pesntren kalian?. Tahu berenang?, atau pecel atau terancam? Itu sih khas di Pesantren saya dulu Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo. Di Ibnu Siena ada apa yaaa??. Kuliner Tasik sih, ada namanya Nasi T.O. tutuq oncom, katanya itu tuh oncom yang dibumbui pake kencur trus ditambah dengan ikan asin. Tapi yang gak terlalu suka sama kencur bisa dicoba-coba dikitlah.... Ada juga bubur dan baso yang banyak banget jadi kuliner di Tasik dan bisa kita jumpai dimana saja. Seblak, bagaimana pendapat kalian tentang seblak. Dari sekian banyak jenis manusia, mungkin Cuma saya yang makan seblak pake nasi plus gak terlalu pedes, hehehehe. Kalau ditanya “apa enaknya?” saya jawab aja “suka-suka donk”. 

Suasana yang sejuk atau bisa dibilang dingin akan memanjakan aktifitas yang akan padat sebentar lagi. Tapi jujur ini bukan kendala, tapi malah tambah seru meski harus kedinginan saat mandi pagi-pagi. Jadi yang selanjutnya akan PPl disini saya sarankan bawa selimut sesuai kapasitas diri. Kalau memang gak kuat dingin yaa bawa yang tebel banget, gak papa deh bawaannya banyak juga yang penting selama proses adaptasi tubuh dengan lingkungan baru  bisa imbang dengan diri. Dan saya termasuk yang bawa selimut paling tebal, maklum anak pesisir pantai yang biasa dengan panasnya hawa laut. 

Berada di tempat baru itu memang butuh banyak perlengkapan baru, PPL kayak nyantri lagi?, ehmmm... sedikit bener sih, memang butuh biaya juga terkait kebutuhan tambahan di tempat baru. Seperti ember, gayung, gantungan, baju bagi yang belum sesuai standart ma’had, sepatu ngajar, serba-serbi kebutuhan sehari-hari. Yaa..... memang butuh pengorbanan kan segala sesuatu, thats fine. Semoga ke depan barang-barang berat saya bisa diwariskan ke selanjutnya supaya bisa lebih ngirit dikit kali yaaa. Tapi kalau masih bagus, atau gak  ilang. 

Ada wisata seru dekat dengan Ibnu Siena Boarding School namanya Karangresik. Karna Ibnu Siena berada di perbatasan Tasik Ciamis jadi akses kesana gak mahal, cukup naik carry ( sejenis angkot) arah Tasik dengan membayar empat ribu rupiah saja. Definisi tempat wisata bisa di tanya mbah google kali yaa lebih detailnya. Yang intinya tempat itu dibuat perpaduan tempat wisata di bandung, ada farm housenya, ada taman bunga, taman bermain air bagi anak-anak, out bond termasuk flying fox, naik sepeda melayang dan tantangan lain. Ada banyak rumah pohon dan view yang kece buat ambil gambar. Lumayan kan, kalau jenuh bisa mampir keluar saat libur ma’had. Tapi gak boleh nakal yaaa,... liburan yaa saat liburan. Ohh.. ya koceknya juga murah lima belas ribu saja, meski ada wahana yang bayar lagi di dalam. 

Dan kalau dari Ibsi ( Ibnu Siena)  nama bekennya, akses kemana-mana juga gak terlalu jauh, kecuali yang jauh, kayak gunung galunggung. Kalau dari Ibsi ke kota sih, gak jauh-jauh amat. Kalau naik angkot bisa atau yang simple naik grab car/ go car. 

Sebenernya PPL  dimana aja seru tergantung kitanya sih, make it enjoy aja. 

7 Januari  2018
Avnie suhayla

Komentar

Postingan Populer