Wahai Alumni 212, Mulailah Mengukir Sejarah!!!

Wahai Alumni 212, 

Mulailah Mengukir Sejarah!!



Setiap zaman memiliki jiwa perjuangannya. Memiliki ruh tersendiri bagaimana ukiran syariah Allah tertata. Ketika hati terusik sementara jiwa memanggil-manggil seruan peradaban. Ketika yang dirindukan bukanlah lagi sebuah kenyamanan di bawah padang pasir yang gersang namun yang dirindukan sebuah keperihan dan kesakitan untuk keluar dari padang gersang itu menuju taman-taman indah, dialiri sungai berair segar.

Imam ghozali hidup di masa-masa kritis. Ketika tiang syariah tak lagi berdiri, kekholilfahan tak lagi mempunyai taring, terpecah belah dan lemah dihadapan musuh. Dalam situasi seperti ini, munculah kerinduan mencari taman-taman itu. Abdul Qadir al-Jailani, lalu Nurdin Zangky lalu sosok yang dikenal sebagai penakhluk Quds, Sholahuddin Al-Ayubi. Inilah jiwa itu, jiwa sebuah pengorbanan, jiwa sebuah perjuangan. Bagaimana zaman mengolah ruh perjungannya dengan sosok-sosok yang didambakan. Begitulah ruh zaman saat itu. Dan mareka tlah mengukir sejarahnya.

Zaman tlah berlalu sosok pembaharu telah tiada digantikan dengan sosok perusak peradaban. Hingga yang tadinya seorang singa kembali menjadi domba. Lalu jiwa itu diamil oleh sebuah kaum yang lain. Kaum turki yang dahulunya hanyalah sebuah kaum yang tersingkirkan karena kebiadaban mongol. Ia mengeluarkan taringnya. “Sultan Para Ghazi”, begitulah ia diberi julukan.  Ustmani Ertughul  Sang pendiri kesultanan Utsmaniyah dengan visinya yang jelas dan impiannya yang tinggi yaitu menakhlukkan Constaninople.

Impian itu terwujud  saat pemerintahan Mehmed II yang dikenal dengan Muhammad Al-Fatih. Sejarah yang mencatatnya bahwa ada sebuah kejadi luar biasa dalam masa penakhlukkan itu. strategi dan menegement yang sangat tertata dengan baik. Bagaimana bisa Sultan membawa tiga ratus ribu pasukannya menyerang dan mengepung sampai hampir dua bulan. Menegement logistik, dan MCK yang harus ribuan kali difikir agar menimbulkan penyakit. Beginilah kecerdasan Sultan yang sangat luar biasa. Sangat pemberani dan tak pantang menyerah meski banyak penasehatnya yang menyarankan untuk mundur. Begitulah zamannya. Jiwa seorang penakhluk Sang pemain utama Peradaban Islam. Dan  begitulah  mereka mengukir sejarah.

Zaman itu kembali berlalu, bangsa Turki kembali melemah setelahnya. Pemahaman sekuler merusak tatanan negara Islam. Hingga  hilanglah kekholifahan. Dan zaman masih terus bergulir. Banyak pembaharu-pembaharu. Sang pejuang peradaban Islam dengan nilai-nilainya. Muhammad Abduh, Hasan Al-Banna, Sayyid Qutub, Muhammad Natsir, Buya Hamka dll. Dan Mereka tlah mengukir sejara.

Maka zamannya sekarang nilai-nilai Islam terkikis. Sekuler dan Liberalisme memang sangat gencar disebarkan. Dengan perkataan yang manis lagi menipu “Zukhrufan qauli ghuruura”. Abad 20 ketika Ulama dikucilkan dan agama disingkirkan. Pemegang modal besarlah yang menguasai negara. “Invisible hand” yang mengaturnya, menjual atau menggadai. Demokrasi yang awalnya dipromosikan memperjuangkan prinsip-prinsip rakyat kini berubah menjadi demokrasi Kapitalis. Dimana  antara kebenaran dan kesalahan dengan mudah di perjual belikan. Dimana keadilan hanya runcing ke bawah namun tumpul ke atas. Dimana ada usaha untuk menghancurkan umat beragama dengan sebuah propaganda. Tak heran jika media Kapitalis menjual berita-berita palsu demi kesuksesan propagandanya. 

Di zaman ini lah puncak kehancuran keadilan sangat terllihat. Dimana Ulama mulai bangkit dan bersatu menyatukan muslim, melawan tersangka penista yang masih dipeluk erat oleh invisble hand di belakanngnya. Umat Rasulullah bersatu dalam barisan shaf-shaf termegah, terbanyak, terluar biasa ini. Bukankah ini sebuah sejarah?. AL-Fatih pernah melakukan sholat jum’at bersama 300 ribu pasukannya atau bahkan kurang karena tlah banyak yang syahid. Dan ini termegah di kala itu. Namun lihatlah berapa barisanmuslimin pada 02 Desember 2016. Jumlahnya mencapai 7 juta bahkan lebih. Dan ini yang tercatat saja, belumlah ribuan yang tak terlihat dari drone. Di dalam gedung-gedung. Jalan-jalan kecil diatas jembatan penyebrangan dan tempat-tempat yang tak terdeteksi lainnya. Jumlahnya sangat-sangat luar biasa. Dan inilah sejarah umat Islam Indonesia di abad ke 20. Apakah anda salah seorang yang berada pada barisan itu, menengadah berdo’a meminta pertolongan Allah. maka jika ia,..... dirimu tlah terukir dalam tinta sejarah.

Banyaknya yang menuduh  aksi super damai kemaren dikarenakan pilkada, atau ada yang memfitnah dengan adanya uang suapan atau digosipkan akan menggulingkan pemerintah. Nyatanya jauh dari itu semua. Ust. Bakhtiar Natsir yang menyebut aksi sebagai aksi mengetuk pintu langit, setelah aksi ketuk pintu Istana tak dihiraukan oleh Sang penguasa Istana. Kedamaian dan aroma-aroma haru dengan segala ketenangan berada disitu. Bagaimana setiap muslim memberikan yang terbaik yang dimilikinya. Dari para miliyarder memberikan banyak yang bisa ia beri. Hingga seorang bapak yang hanya bisa memberikan sebuah permen ditemani anaknya yang masih kecil. Bagaimana bisa seorang penjual yang rela mengratiskan jualannya dan Allah ganti dengan yang lebih banyak dari itu. berbagai makanan gratis dibagi dengan berlimpah dan tak habis-habis. Bahkan bukan hanya makanan, pulsa, sandal, jas hujan, plastik, senitizer, obat-obat, bahkan  bros cantik dibagikan gratis saat itu. 

Seseorang yang tak pernah rela terkena hujan terlebih ketika sholat yang selalu mencari tempat yang nyaman, namun pemandangan kala itu sangat-sangat berbeda sekali. Dikala sujud yang dicium adalah genangan air di atas sajadah basah, namun tak ada barisan yang terpisah. Semuanya sibuk dengan khusu’nya masing-masing . Pakaian yang basah menambah cinta nya pada agamanya. Hujan yang deras seakan meluluhlantakan kekesalannya yang di khawatirkan terprovokasi oleh oknum-oknum tertentu. Namun saat itu adalah  sholat jum’at yang sangat luar biasa. Dan ini adalah sejarah. Dan akan menjadi sejarah yang sangat dirindukan.

Aksi ini sempat dihalang-halangi oleh pemerintah. Dengan tidak memberikan izin bus-bus untuk terlibat dalam aksi ini. wal hasil, rakyat yang dihatinya sangat besar kecintaan terhadap agama  rela berjalan kaki dari Ciamis menuju monas, ratusan kilo harus mereka tempuh. Namun tak gentar mereka dan terus berjalan meski banyak yang sudah menawarkan Bis gratis. Kisah ini sungguh menyentuk rakyat lainnya yang tentu lebih dekat. Maka dengan kecintaan yang sama muslimin dari Bogor, Bandung. Jakarta ikut berjalan menyuarakan keadilan untuk negri ini. wahai mujahid Ciamis tentu soskmulah tlah dirindukan. Membuka hati-hati yang tertutup, mengiris hati-hati yang tersentuh. Perjuanganmu begitu luar biasa dan engkau tlah mengukir sebuha sejarah.

Setelah kejadian ini tentu membuka tabir baru bagi umat. Terlihat jelaslah siapa yang mendukung Islam dan siapa yang tidak. Siapa yang menjungjung tinggi Al-Maidah 51 siapa yang sibuk mencelanya. Seperti yang Allah paparkan dalam Al-Maidah 52 “ Makakamu akan melihat orang-orang yang hatinya berpenyakitsegera mendekati mereka, seraya berkata “ Kami takut akan mendapat bencana”. Mudah-mudahan Allah mendatangkan kemenangan , atau sesuatu keputusan darin-Nya.  Sehingga mereka menyesal terhadap apa yang mereka rahasiakan”.

Generasi Al-Maidah 54 ialah generasi yang mereka mencintai Allah Jalla Jalaaluh dan Allah Jalla Jallaluh mencintai-Nya. Bersikap lemah lembut terhadap orang-orng yang beriman dan bersikap keras terhadap orang-orang kafir yang berjihad di jalan Allah dan tidak takut terhadap celaan orang-orang yang suka mencela.  Semoga kita menjadi salah satu pasukan generasi Al-Maidah 54 ini.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

Segala tanda-tanda kemenangan ini seharusnya direspon dengan cepat.  Membangkitkan semangat untuk mendalami agamanya sendiri. Memahami hakikat hidup sebenarnya. Membangunkan diri yang mulai terlena oleh kenikmatan dunia. Sebab sekedar sholat saja tak menjamin seseorang  berworldview Islam, buktinya masih saja menganggap ayat-ayat konstitusi lebih tinggi dari ayat-ayat Ilahi. masih saja ada yang berpendapat memperjuangan agama tak perlu dan  tak usah terlalu ekstrim dalam beragama. Memperdalam agama dan menjadikannya pedoman hidup karena begitulah sejatinya Islam. 

Maka mulailah mengukir sejarah. Yang dimana ruh zaman ini akan menjadi saksi untuk setelahnya. Atau bahkan akhir zaman ini merupakan akhirnya.  Kita tak pernah tau, namun kita mengerti bahwa akan datang Dajjal dengan segenap kekuatannya dan tipuannya akan datang, bagaimana kita bisa melawannya dengan segenap iman dan tawakkal yang hebat? Sedang fitnah hari ini pun kita tak bisa terlepas darinya.

Mulai saat ini sejarah mulai mencatat diman-ruh-ruh itu berdiam. Sosok-sosok seperti apa yang dibutuhkan untuk negri ini dan agama ini. tentunya kita sebagai pemuda Sang tonggak peradaban yang menjawabnya. Apa yang telah kau lakukan dan akan kau laukan. Maka jadilah iman sebagai kekuatan hidup, dengan tekad dan visi misi yang kuat. Memulai untuk mengukir sejarah-sejarah indah yang di dalamnya kitalah pemerannya. Membenarkan dan memperjuangkan kebenaran. Sungguh akhir zaman semakin dekat dan pastinya nabi Isa akan turun dan Al-Mahdi akan memimpin dunia.  Maka apakah kita para pengukir peradaban itu?. Jika jawaban anda adalah ia maka mulailah mengukir sejarah !!.

Avnie suhayla        

Resume SSPI Intermediet “Agastya Hardjunaidi Islamic Worldview”

Sabtu 10 Desember 2016 

Komentar

Postingan Populer